Prinsip Dasar Di Dalam Beriman Kepada Allah

tafsir al quran, hadits, fatwa ulama, artikel, faidah, kata mutiara dan hikmah, serta tanya jawab kajian islam Prinsip Dasar Di Dalam Beriman Kepada Allah
<Asy-Syaikh As-Si'di rahimahullah berkata :

Menjadi keharusan bagi seorang hamba untuk menetapkan sifat-sifat kesempurnaan yang wajib ditetapkan bagi Allah dan meniadakan sifat-sifat yang wajib ditiadakan dari-Nya ketika berlawanan dengan sifat-sifat kesempurnaan-Nya.

Menjadi keharusan juga baginya di dalam menyikapi hukum-hukum Allah untuk menetapkan penciptaan dan perintah-Nya. Maka, ia beriman kepada penciptaan-Nya yang mengandung penetapan kekuasaan Allah yang sempurna dan kehendak-Nya yang begitu luas, dan ia juga beriman kepada perintah-Nya yang mengandung penjelasan terhadap semua yang dicintai dan diridhai oleh-Nya berupa ucapan maupun perbuatan, serta beriman kepada syariat dan takdir-Nya* dengan keimanan yang bersih dari penyimpangan.

Bagian kedua ini** mengandung makna tauhid di dalam beribadah kepada-Nya semata yang tidak ada sekutu bagi-Nya, yaitu tauhid di dalam maksud, keinginan dan pengamalan (At-Tauhid fil qashd wal iradah wal 'amal) ¹.

Adapun bagian yang pertama mengandung makna tauhid di dalam ilmu dan ucapan (At-Tauhid fil 'ilm wal qaul)².

Catatan kaki :

(1) Tauhid Uluhiyyah
(2) Tauhid Rububiyyah dan Tauhid Asma wa Shifat

Thariqul Wushul : Ushul minal Aqidah Al-Musammah bit-Tadmuriyyah Li Syaikhil Islam (1)

فلا بد للعبد أن يثبت لله ما يجب إثباته له من صفات الكمال، وينفي عنه ما يجب نفيه عنه مما يضادّ هذه الحال. ولا بدّ له في أحكامه من أن يثبت خلقه وأمره، فيؤمن بخلقه المتضمن كمال قدرته، وعموم مشيئته، ويثبت أمره المتضمن بيان ما يحبه ويرضاه، من القول والعمل، ويؤمن بشرعه وقدره إيمانا خاليا من الزلل. وهذا يتضمن التوحيد في عبادته وحده لا شريك له، وهو التوحيد في القصد والإرادة والعمل، والأول يتضمن التوحيد في العلم والقول.
 
طريق الوصول : أصول من العقيدة المسماة بالتدمرية لشيخ الإسلام (١)



WhatsApp Salafy Cirebon
Channel Telegram || https://t.me/salafy_cirebon

Menyajikan artikel dan audio kajian ilmiah



Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi