Renungan atas Dua Nikmat yang Itu !

Faedah Hadits Ringkas
Renungan atas Dua Nikmat yang Itu !
✅عن ابن عباس ـ رضي الله عنهما ـ قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: (نعمتان مغبون فيهما كثير من الناس: الصحة والفراغ) رواه البخاري)
Dari Ibnu Abbas Radhiallohu anhumaa Berkata:  Rosul Sholallohu alaihi wassalam bersabda ”Ada dua nikmat yang banyak manusia tertipu karenanya, yaitu nikmat sehat dan kesempatan”(HR. Bukhari)

Berkata Syeikh Utsaimin Rahimahulloh menerangkan kandungan hadits diatas :
✅ يعني أن هذين الجنسين من النعم مغبون فيهما كثير من الناس، أي مغلوب فيهما، وهما الصحة والفراغ، وذلك أن الإنسان إذا كان صحيحا كان قادرا على ما أمره الله به أن يفعله، وكان قادرا على ما نهاه الله عنه أن يتركه لأنه صحيح البدن، منشرح الصدر، مطمئن القلب، كذلك الفراغ إذا كان عنده ما يؤويه وما يكفيه من مؤنة فهو متفرغ.
✅فإذا كان الإنسان فارغا صحيحا فإنه يغبن كثيرا في هذا، لأن كثيرا من أوقاتنا تضيع بلا فائدة ونحن في صحة وعافية وفراغ، ومع ذلك تضيع علينا كثيرا،
✅ ولكننا لا نعرف هذا الغبن في الدنيا، إنما يعرف الإنسان الغبن إذا حضره أجله، وإذا كان يوم القيامة،
Yang dimaksud  Dua jenis nikmat ini kebanyakan manusia tidak bisa memanfaatkan Yaitu KESEHATAN dan KESEMPATAN, seorang manusia ketika dia sehat maka dia mampu menjalankan perintah Alloh serta meninggalkan larangaNya, dikarenakan fisiknya sehat, lapang dadanya serta tenang hatinya.
Demikian halnya  Kesempatan jika dia mempunyai sesuatu yang mencukupinya maka dia disebut memiliki kesempatan.
Maka ketika seseorang itu punya kesempatan dan kesehatan biasanya tidak menfaatkan sebaik baiknya, karena kebanyakan waktu ini kita sia siakan begitu saja tanpa faedah, padahal kita sehat wal afiat serta sempat.
Dan kita tidak  menyadari kerugian ini didunia ini, akan tetapi kita akan menyadari ketika dikepung AJAL KEMATIAN yakni menghadapi hari ahkir.
Mari Kita Renungi Penyesalan orang kafir berikut ini ( Pent):
(Demikianlah keadaan orang-orang kafir itu), hingga apabila datang kematian kepada seseorang dari mereka, dia berkata: "Ya Robku kembalikanlah aku (ke dunia),  agar aku berbuat amal yang saleh terhadap yang telah aku tinggalkan. Sekali-kali tidak. Sesungguhnya itu adalah perkataan yang diucapkannya saja. Dan di hadapan mereka ada dinding sampal hari mereka dibangkitkan.Al mukminun ayat 99-100.
Mari Kita Renungi Penyesalan orang Munafiq berikut ini ( Pent):
"Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu; lalu ia berkata: "Ya Rabb-ku, mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematian)ku sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang saleh?" Dan Allah sekali-kali tidak akan menangguhkan (kematian) seseorang apabila telah datang waktu kematiannya. Dan Allah Maha Mengenal apa yang kamu kerjakan.Al munafiqun 10-11.
➡Akan tetapi kenyataanya detik-detik itu berlalu begitu saja. Tidak memberi manfaat bagi diri dan orang lain, kita tidak akan menyesal kecuali setelah ajal datang, kemudian berandai-andai pada saat itu untuk diberi kesempatan satu detik saja untuk bertaubat ( beramal sholeh) tapi waktu itu hanya tinggal hayalan belaka.
➡✏Oleh Karena itu setiap orang yg berakal memanfaatkan waktu sehatnya dan kesempatan yg dimilikinya untuk taat kepada Alloh semaksimalnya, bacalah alquran , perbanyak dzikir, memerintahkan yg baik dan mencegah kemungkaran, atau bahkan dengan menolong saudaranya, pintu kebaikan terbuka lebar didepan jangan sampai  kesempatan ini hilang begitu saja.
Berkata Syeikh Utsaimin Rahimahulloh :
فالإنسان العاقل هو الذي ينتهز الفرص؛ فرصة الصحة، وفرصة الفراغ.
'Orang yang cerdas adalah orang yg bisa menggunakan kesempatanya , yakni waktu sehat dan waktu luang yg dimilikinya"

Akhukum Fillah Abu Amin Aljawiy  Dipondok Annashihah Cepu Dikutip dari Syarah Riyadhus Shalihin Syaikh Ibnu Utsaimin Rahimahulloh.
https://t.me/Annashihah_cepu/91
08/05/2016

Postingan terkait:

Tidak ada tanggapan

Posting Komentar

Ketentuan mengisi komentar
- Pilihlah "BERI KOMENTAR SEBAGAI:" dengan isian "ANONYMOUS/ANONIM". Identitas bisa dicantumkan dalam isian komentar berupa NAMA dan DAERAH ASAL
- Setiap komentar akan dimoderasi